Kolaborasi Termin 2 :
"Petualangan Flora & Fauna Digital"
Kolaborasi Termin 2 :
"Petualangan Flora & Fauna Digital"
"Dan Dia (Allah) yang menundukkan untukmu apa yang Dia ciptakan di bumi ini yang beraneka ragam warnanya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang mengambil pelajaran." (Q.S An Nahl, ayat 13)
Pernahkan kita bertanya kepada diri kita sendiri, apa tujuan Allah menciptakan berbagai hewan dan tumbuhan yang bermacam-macam rupa nya?
Nah, ternyata didalam Al Quran dijelaskan banyak sekali tujuan kenapa Allah menciptakan hewan dan tumbuhan yang bermacam macam. Allah menjelaskan bahwa hewan-hewan yang menjadi ternak dapat dimanfaatkan susu dan dagingnya, seperti pada ayat berikut;
"Dan sesungguhnya pada hewan ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagimu. Kami memberi minum kamu dari apa yang berada dalam perutnya (berupa) susu yang bersih antara kotoran dan darah, yang mudah ditelan bagi orang-orang yang meminumnya." (Q.S An Nahl, ayat 66).
Allah juga menjelaskan tentang manfaat tetumbuhan bagi manusia seperti pada ayat berikut;
"Dan suatu tanda (kekuasaan Allah) bagi mereka adalah bumi yang mati. Kami hidupkan bumi itu dan Kami keluarkan darinya biji-bijian, maka darinya mereka makan. Dan Kami jadikan padanya kebun-kebun kurma dan anggur, dan Kami pancarkan padanya beberapa mata air. Agar mereka dapat makan dari buahnya, dan dari hasil usaha tangan mereka sendiri. Maka mengapa mereka tidak bersyukur?" (Q.S Yasin, ayat 33-35).
Masya Allah, ternyata banyak banget manfaat hewan dan tetumbuhan bagi manusia yah. Ada hewan-hewan yang sengaja Allah ciptakan untuk dimanfaatkan langsung oleh manusia sebagai tunggangan, alat bantu membajak sawah, sebagai menghilang rasa lapar bagi manusia dengan memanfaatkan danging dan susu nya, sebagai obat, dan lain sebagainya. Begitu juga dengan tetumbuhan, ada yang dimanfaatkan buahnya, bunganya sebagai obat, dan lain sebagainya. Begitu banyak yang Allah sediakan di alam semesta ini agar kita bersyukur.
Nah, pada kolaborasi kali ini, melalui pembelajaran IPA, kita belajar mengenal ciri-ciri makhluk hidup dan bagaimana mengamatinya dengan cara yang benar. Pada pembelajaran Seni Rupa, kita akan melatih keterampilan menggambar berdasarkan hasil pengamatan dengan harapan kita akan mendapatkan kemampuan memahami bentuk untuk mendapatkan gambar yang estetik. Pada pembelajaran Informatika, kita akan belajar membuat karya kita menjadi bentuk digital supaya bisa disimpan, dibagikan, atau bahkan dipresentasikan dengan menarik. Pembelajaran yang membantu untuk berpikir kritis, kreatif, dan menguasai literasi teknologi. Melalui proyek ini, tidak hanya memahami konsep ilmiah tentang klasifikasi makhluk hidup, tetapi juga menuangkannya ke dalam karya seni visual flora dan fauna, serta mengemasnya dalam bentuk media interaktif berbasis Scratch.
Video diatas membahas mengenai pentingnya memahami makhluk hidup berdasarkan klasifikasinya. Dengan memahamai klasifikasi makhluk hidup berdasarkan ciri yang ditampilkan, kita bisa menjaga keberlangsungan kehidupan yang Allah titipkan.
Video referensi ini memberikan tambahan pengetahuan bagaimana orang orang zaman dahulu berusaha mengklasifikasikan makhluk hidup yang begitu beragam.
IPA : Klasifikasi Makhluk Hidup
Seni Rupa : Menggambar Flora dan Fauna
Informatika : Scratch & Teacablemachine
Memahami konsep kingdom, filum, kelas, ordo, famili, genus, dan spesies dalam IPA.
Mengembangkan keterampilan Seni Rupa melalui penggambaran makhluk hidup.
Menguasai dasar pemrograman untuk membuat media interaktif edukatif di pembelajaran Informatika
Mengasah kerja sama tim dalam menyelesaikan proyek dari perencanaan hingga publikasi.
Termin : 2 (pekan 3 dan 5),
Tanggal : 11 Agustus 2025 s/d 29 Agustus 2025.
Waktu : dijadwal Pelajaran IPA, Seni Rupa, dan Informatika.
Timeline : Pekan 1 - Penguatan Konsep, Pekan 2 - Pengerjaan Proyek, Pekan 3 - Finishing dan Evaluasi.
Melalui proyek kolaborasi antara rumpun ini, siswa dapat mengaitkan materi pelajaran dengan konteks tugas yang lebih aplikatif dengan menggabungkan ketiga mata pelajaran seperti IPA, SENI RUPA, dan INFORMATIKA, dengan materi sebagai berikut.
1. Karya Gambar Flora & Fauna (Kolase Klasifikasi Makhluk Hidup)
Gambar manual atau digital hasil pengamatan dan referensi ilmiah.
Menunjukkan ciri-ciri sesuai klasifikasi ilmiah.
2. Media Interaktif Scratch
Berisi informasi klasifikasi makhluk hidup.
Disertai animasi atau kuis interaktif.
Memanfaatkan gambar buatan siswa sebagai aset visual.
3. Evaluasi Proyek
Proyek kolaborasi lintas mata pelajaran antara IPA, Seni Rupa, dan Informatika telah berhasil menggabungkan pemahaman sains, keterampilan seni, dan penerapan teknologi dalam satu rangkaian kegiatan pembelajaran. Melalui topik "Petualangan Flora dan Fauna Digital", siswa di mata pelajaran IPA mempelajari prinsip pengelompokan makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri ilmiah. Hasil pemahaman tersebut kemudian diterjemahkan dalam bentuk karya seni rupa, di mana siswa menggambar objek flora, fauna, dan klasifikasi lainnya dengan memperhatikan detail bentuk, warna, dan proporsi. Selanjutnya, pada mata pelajaran Informatika, siswa mengembangkan karya tersebut menjadi media pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi Scratch, sehingga informasi dan visualisasi yang dihasilkan dapat disajikan secara dinamis. Kegiatan ini tidak hanya memperkuat pemahaman materi di masing-masing mata pelajaran, tetapi juga membentuk keterampilan kolaborasi, kreativitas, komunikasi, serta literasi digital yang relevan dengan tuntutan abad ke-21.